Friday, 8 July 2016

Tour The Talent: Es Duren Pak Aip Bandung

ES DUREN PAK AIP

Dari jaman kuliah kami selalu ingin mencoba ES DUREN satu ini tapi tidak pernah ketemu tempatnya 😅😅
Beruntung saat Hari Raya Idul Fitri tempat ini buka saat malam hari, kami sekeluarga plus om, tante, yangti dan yangkung 3H mampir kesana.





Durennya enakkk banget, dan saat sebagian sdh selesai makan kami disapa seorang Bapak yang ramah ternyata Beliau Pak Aip nya sendiri sang owner.

Beliau bercerita ttg awal, dan proses usahanya ini berdiri sampai menjadi 15 cabang di wilayah jabotabek. Sosoknya ramah dan sederhana, tapi yang dibahas bisnis ES DUREN dengan omset milyaran 😁😁😁

Beliau bercerita juga bahwa bisnis itu harus fokus, lakukan apa yang disukai dan jaga kualitas. GAGAL itu wajib karena disitu pelajaran yg sebenarnya.



Beliau juga membagi tips bagaimana menghitung alur keuangan yang benar, Salah satu 'kesalahan' para ukm yang terjadi sehingga bisnisnya jalan di tempat adalah tidak memasukan biaya tempat usaha ke dalam perhitungan apalagi jika tempat usaha di rumah / gratis.

Gaji karyawan dan sewa tempat yang tinggi bukan masalah karena ini dibebankan ke pembeli bukan pemilik. Beban biaya dibagi per hari, dibuat target per menu per hari yg harus terjual.

Oiya di bagian depan itu banyak buah duren ternyata bohong-bohongan tapi miriiiip sekali dengan aslinya dan Pak Aip bercerita bahwa itu ia membuatnya sendiri, ko bisa Pak? Keren banget mirip aslinya ujar saya "Saya tau duren dari kecil masa iya saya gak bisa buatnya"

Hanif: "Mam, aku mau punya kebun duren yg banyaaaaak biar bisa makan duren sepuasnya... Nyamnyamnyam (sambil mempraktekan makan duren) soalnya aku sukaaaaaaaaa banget duren"

Haura: "Mam, kita bikin duren bohongbohongan itu yuks kan belum ada di berau nanti kita jual pasti laku"

Setelah ngalor ngidul kemanamana, reaksi HauHan beda-beda dan kadang unpredictable atau bahkan out of the box ketika melihat sesuatu hal yg terjadi di sekitarnya dan bikin senyumsenyum kita emakbapaknya 😁😁😁

www.familytraventure.com

No comments:

Post a Comment