Tuesday, 22 November 2016

Informasi tentang VISA UMROH

Arti Visa

Untuk memasuki sebuah Negara tertentu tentunya kita harus punya IZIN. Nah, izin inilah kemudian kita pahami sebagai VISA.
“VISA adalah Dokumen yang dikeluarkan oleh sebuah negara yang memberikan sesorang izin untuk masuk ke negara tersebut dalam suatu periode waktu dan tujuan tertentu”
untuk umroh sendiri, negara Saudi Arabia mengharuskan Warga Negara Indonesia (WNI) Pemegang paspor RI yang hendak datang ke negaranya, untuk mendapatkan VISA UMROH. Untuk tujuan kita berumroh ke tanah suci Makkah dan Madinah yang berada di Negara Saudi Arabia, maka kita harus mengurus VISA UMROH. DI RabbaniTour, VISA UMROH ini kami yang mengatur dan mengurusnya.
Jika Anda ingin tahu apakah Visa itu gratis? tentunya tidak, harganya bervariasi, tergantung Negara dan Waktu dan beberapa faktor lainnya. Biaya visa ini sudah termasuk dalam paket umroh Rabbani.

Biaya visa untuk umroh 


Biaya perizinan / Visa untuk Umroh sendiri dimulai dari harga $75, bisa mengalami kenaikan. terutama ketika akan memasuki bulan Ramadhan, harga Visa bisa naik sampai $300.

Syarat mendapatkan Visa Umroh

untuk mendapatkan Visa Umroh tidaklah terlalu sulit, tetapi peserta umroh wajib mempersiapkan hal-hal berikut ini :
  1. Pasport Asli yang masih belaku minimal 6 bulan. Dengan nama minimal 3 Suku kata. Jika Nama anda hanya mempunyai 2 suku kata bisa diakali dengan membagi 2 salah satu nama, atau memakai Bin/binti + nama orang tua.
  2. KK dan Buku Nikah Asli bagi suami istri
  3. Akte Lahir bagi anak di bawah usia 17 thn
  4. Pasfoto terbaru, background berwarna putih, tampak wajah 80%, 6 lembar ukuran 4 x 6.
  5. Kartu Kuning Meningitis
  6. Jamaah Wanita yang berusia dibawah 45 tahun wajib untuk didampingi suami atau Mahramnya, apabila tidak didampingi, maka diwajibkan untuk melengkapi diri dengan surat Mahram. Sedangkan untuk jamaah wanita yang berusia diatas 45 tahun tidak diwajibkan untuk didampingi suami atau mahramnya cukup menyertakan KTP ASLI saja.
  7. Dokumen selambat-lambatnya diterima 3 Minggu sebelum keberangkatan

Sunday, 13 November 2016

Menginap di Bandara Haneda bersama anak-anak

Penerbangan kami sampai tengah malam di Tokyo setelah mencari info ternyata sudah tidak ada kereta yang beroperasi dan hotel sekitaran bandara harganya lumayan akhirnya kami memutuskan untuk tidur di Bandara selama beberapa jam saja dan keesokan harinya kami akan pergi dengan kereta paling pagi menuju apato yang telah kami sewa di daerah Asakusa. 

Berikut tips menginap di Bandara Haneda dengan anak-anak 
  1. Komunikasikan sebelum berangkat kepada anak-anak tenyang semua jadwal perjalanan bahkan libatkan mereka dalam menyusun jadwal.
  2. Jangan lupa membawa stroller yang bisa posisi tidur 
  3. Cari tempat duduk untuk tidur  yang dekat toilet dan listrik untuk mencharge ponsel (hukumnya wajib ponsel dan wifi hidup selama di Jepang) 
  4. Jika akan ke toilet jangan lupa untuk selalu menitipkan 'tempat tidur' kita kepada teman atau simpan tas ke atas kursi agar tempat tidak direbut orang. Pengalaman banget nih saat kami ke minimart, dan kembali tempat duduk kami sudah ditempati orang lain. 
  5. Untuk membeli makanan ada di lantai 1 , ada beberapa snack halal dan makanan .berat. yang dapat dimakan hanya mie vegetarian. 
  6. Di bandara Haneda ada mushola (alhamdulillah) , tempatnya sangat nyaman tapi kita tidak diperbolehkan untuk tidur disana beberapa menit sekali petugas keamanan pasti melakukan cek. Kalau saya lumayan untuk meluruskan pinggang tetap menggunakan mukena jika ingin selonjoran sebentar jika petugas datang baru ambil posisi duduk.                                                 
Mungkin utk sebagian orang ini terlihat seperti menyiksa anak, tapi 'tidur' di bandara itu sebenarnya hal yg biasa dilakukan bagi para traveller. Jika kita transit di bandara besar yg hanya bbrp jam dan tidak memungkinkan utk menginap di hotel ya kita cukup menunggu saja di bandara.
Sebelumnya 3H pernah tidur di bandara Dubai dan Riyadh ketika sedang transit sekitar 5-6 jam.  Bahkan pernah tidur di stasiun Gubeng ketika akan menunggu kereta dari Banyuwangi.
Alhamdulillah mereka gak pernah rewel, bahkan yg paling lucu hanif bagaimana pun tempatnya bisa tertidur pulas.

Belajar enak mah gampang,  yg susah belajar tidak enak 😁😁😁😁

Friday, 14 October 2016

Berburu tiket murah ke Jepang

Untuk saya Jepang merupakan negara yang menakjubkan, apa saja sih yang terbayang jika mendengar JEPANG ?

Oshin 
Doraemon
Candy 
Conan 
Tokyo Love Story 
Anything For You 


Monday, 3 October 2016

Toys & Books Box Charity Berau



Saya 'muyak' lihat barang-barang menumpuk di kamar, terutama mainan dan boneka anak-anak. Selama ini beli tapi yang dikeluarkan sedikit, akhirnya setelah ngobrol dengan Haura bahwa kita sebaiknya mengeluarkan beberapa barang di dalam rumah biar lebih bermanfaat.

Friday, 5 August 2016

Apa sih UMROH BACKPACKER ?

Apa sih UMROH BACKPACKER ? 

Jujur saja pertama kali mendengar dua kata tersebut yang terbayangkan tidur dengan tenda di tengah gurun padang pasir. Lah trus bagaimana nasib tiga anak ini kalau dibawa umroh macam begitu. Nah setelah mengumpulkan info kesana kemari akhirnya sudah mulai terbayang bagaimana umroh backpacker itu. Sampai akhirnya karena saya hamil di tahun 2014 yang berakibat menunda keberangkatan umroh. Saya memberanikan diri memberangkatkan kedua orang tua di tahun 2015. Alhamdulillah mereka sangat puas dan bahagia bahkan merasa biasa saja sama dengan umroh reguler pada umumnya. Bebekal pengalaman kedua orang tua akhirnya di 2016 kami mantap pergi umroh bersama ketiga anak kami Haura umur 8 tahun, Hanif umur 5 tahun dan Hasya 1 tahun 



Mengapa umroh backpacker biayanya bisa murah ? 

Dibawah ini beberapa komponen biaya umroh 
  1. Tiket pesawat 
  2. Land Arrangament (LA) 
  3. Biaya untuk pengadaan seragam , koper , tas dll
  4. Jasa Handling
  5. Manasik
  6. Biaya untuk memberangkatkan ustaz/ustazah/petugas
  7. Fee for marketing
  8. Margin untuk perusahaan
  9. dll

Friday, 8 July 2016

Tour The Talent: Es Duren Pak Aip Bandung

ES DUREN PAK AIP

Dari jaman kuliah kami selalu ingin mencoba ES DUREN satu ini tapi tidak pernah ketemu tempatnya 😅😅
Beruntung saat Hari Raya Idul Fitri tempat ini buka saat malam hari, kami sekeluarga plus om, tante, yangti dan yangkung 3H mampir kesana.



Friday, 1 July 2016

Ada Apa dengan RIBA ?

ADA APA DENGAN RIBA ?

Yang Baper jangan dibaca yaaa...
Saran sebelum baca, coba nonton stand up comedy dulu atau senyumsenyum sendiri di kaca, biar energinya positif 😝😝

Ok kita mulai ya ceritanya...

2013 saat itu kami  membaca sebuah 'iklan' tentang seminar pengusaha tanpa riba. Haisssh pasti lebay deh, semua juga riba kelesss,  uang kertas riba juga kan ya itungannya, gmana mau bebas? Sok suci deh ahhh (nih gini nih orang sotoy tapi kepo) 😁 hahaha #toyorkepalasendiri

Tuesday, 21 June 2016

Tips Memilih Penginapan Villa di Bali

Bali merupakan salah satu destinasi liburan yang sangat populer baik di dalam negeri maupun luar negeri. Bahkan yang lucu beberapa orang luar lebih tahu Bali daripada Indonesia. Saya mengalami kejadian lucu saat di Paris dan berkenalan dengan guide lokal disana. Saat ditanyakan darimana kami berasal, kami menjawab dari Indonesia dan ia malah berkata "oh dekat ya dari Bali?" hehehehe
Ia menyangka Bali itu adalah negara sendiri beda dengan Indonesia. 


Sunday, 19 June 2016

Pengalaman Pertama Naik Commuter Line

Saya agak trauma dengan perkeretaan di Jakarta, dulu jaman belum ada tol Bandung-Jakarta sempat naik kereta api ke Jakarta lalu lanjut naik KRL ke arah Jaksel dan satu buah tas raib ntah kemana. Lalu saya pernah naik KRL waktu zaman masih kuliah, waktu itu dengan teman main ke Dufan dan pulangnya naik KRL ke Bekasi dari stasiun kota daaaannn di dalam KRL seperti cendol yang paling parah salah satu teman saya ada yg memegangi pantatnya sampai akhirnya harus purapura pingsan agar bisa terhindar dari laki-laki kurang ajar.


Wednesday, 15 June 2016

Belajar Membuat dan Menjahit Tas

Sebenarnya dari garis keturunan ibu semuanya pintar menjahit baik baju, tas, dll.  Nenek, Kakek dan semua anaknya termasuk ibu semua pintar menjahit secara otodidak. Sayangnya semua cucunya tidak ada yang bisa menjahit, mungkin faktor pergeseran nilai juga bahwa anak perempuan lebih penting fokus sekolah drpd belajar menjahit. Hehehhe



Tuesday, 14 June 2016

Merasakan Sensasi Melihat Wajah Tidur

Jika ingin melihat seseorang dengan ekspresi paling jujur adalah saat ia tertidur.
Hal ini merupakan salahsatu kegiatan yang saya sukai di malam hari ketika mereka semua tertidur. 

Saturday, 11 June 2016

Tips Mengemas Pakaian di Koper

Salah satu hal yang agak bikin malas ketika akan bepergian adalah packing baju. Saya kalo lagi packing pasti kondisi rumah porakporanda :) hahaha



Bermain di Lolipop (Lotte Avenue)


Saat dini hari waktu itu sangat menyayat hati, ketika tante dan sepupu-sepupu Haura bersiap untuk.pergi ke bandara. Fuihhhhhh padahal hanya tinggal paspor saja.

Pagi hari ketika bangun saya kembali perhatikan suasana hatinya, dannn biasa aja gak ada rasa sedih atau gimana.

Haura goes to Hongkong

Belajar dari Haura

Rencana kepergian Haura ke Hongkong bersama Nenek, Kakek, Tante dan sepupu2nya sudah direncanakan dari bbrp bulan sebelumnya. Ini akan jadi pertama kalinya Haura berpisah dari kami, sejak lahir Haura selalu bersama kami tidak pernah terpisah sedikitpun.


Tuesday, 7 June 2016

Catatan Family Umroh Backpacker... Part 4

Rasanya berat sekali meninggalkan Madinah, saya sampai bertekad suatu saat nanti jika ada umur dan rezeki ingin sekali kembali kesini.
Setelah mengambil miqot kami melanjutkan perjanan ke Mekah, sepanjang perjalanan mengumandangkan kalimat talbiyah. Rasanya mengharu biru, tidak terasa air mata menetes. Rasanya percaya tidak percaya telah menjadi salah satu umat yg terpilih untuk menunaikan ibadah umroh.




Monday, 6 June 2016

Umroh Backpacker bareng Mantan ? Siapa Takut.

Family Umroh Backpacker bareng Mantan 😁😁😁

Ya kepergian umroh backpacker kami sekeluarga salah satunya bareng mantan saya. Kenapa harus canggung pergi bareng mantan? Suami saya juga malah dekat dengan mantan saya satu ini bahkan kami memang sering meet up dan pergi bareng. 


Catatan Family Umroh Backpacker... Part 3




Madinah kota yang sejuk dan tenang, anak-anak sangat nyaman dan menikmatinya. Alhamdulillah tidak ada kesulitan berarti, Haura dan Hanif sudah terbiasa bangun dini hari utk.pergi ke masjid nabawi untuk shalat tahajud lalu lanjut shalat shubuh.

Suasana shubuh disana sangat indah MasyaAllah.

Sunday, 5 June 2016

Petualangan Naga

Travelling dan berpetualang itu gak harus jauh loh apalagi ke luar negri, ke daerah sekitaran rumah juga bisa. Masih dalam suasana liburan kami sempat kebingungan akan mengajak HauHan berpetualang kemana.

Saat itu melihat iklan di FB tentang kebun satu ini, akhirnya kami putuskan untuk pergi mengajak anakanak main.


Bermain dan Belanja di IKEA

Kemunculan IKEA ini memang sempat bikin heboh banget yaks, padahal kayanya gitugitu aja. Soalnya saya pernah beberapa kali datang ke IKEA Kuala Lumpur, barangnya memang lucu dan unik.
Karena incident ketinggalan paspor beberapa waktu lalu yang menyebabkan Haura batal liburan ke Hongkong bersama nenek, kakek dan sepupunya. Akhirnya dijadikan lah 3 hari 2 malam itu hari bebas Haura. Hari pertama kami pergi ke lolipop di lotte avenue, hari ke dua ke kidzania di pacific place dan terakhir ke IKEA di Tangerang. Sst yang terakhir mah modus emaknya. Hahahah

Bepergian dengan Anak Tanpa Suami / Pendamping

Ini adalah pertamakali saya bepergian dengan HauHanHas alias 3H tanpa papapnya. Awalnya sempat ragu tapi setelah melalui banyak pertimbangan akhirnya diputuskan lah saya pulang kota ke Jakarta dengan membawa 1 anak, 1 balita dan 1 bayi.
Rasanya ? Nanonano deh, tapi alhamdulillah lancar dan selamat sampai Jakarta.


Tuesday, 24 May 2016

Kepulauan Derawan Surga Laut Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan berada di Kabupaten Berau Propinsi Kalimantan Timur, dari Balikpapan masih 50 menit dengan pesawat dilanjut 2 jam perjalanan darat dan menyebrang lautan selama 20 menit. Jauh yaa ? Tapi percayalah apa yang dikatakan Rudi saya, Worth it !!!
Di sinilah saya pertama kali jatuh cinta dengan pantai dan laut, kalau sudah cinta gak akan takut lagi deh kulit jadi eksotis jika bermain di pantai dan laut. Dulu paling banter ke Pantai Pangandaran dengan pasir hitam dan deburan ombaknya yang menggelegar. Ketika pertama kali menginjakan kaki di Pulau Derawan saya sempat heran ko tidak ada ombak dan tenang sekali, bagian  yang paling menakjubkan adalah airnya yang jernih. Kala itu kalah deh bak mandi di rumah saya yang katanya air PDAM itu :)hehehe 

Sudah tidak terhitung berapa kali kami ke Pulau Derawan, dari yang berliburan dengan teman, keluarga, mengantar tamu dan teman.





Sunday, 15 May 2016

Biduk biduk surga tersembunyi di Kalimantan Timur

Kami mungkin adalah salah satu keluarga yang beruntung bertempat tinggal di salah satu titik 'surga tersembunyi' Indonesia. Awalnya bertempat tinggal di Berau merupakan salah satu episode hidup yang berat, terbiasa hidup di kota besar dengan segala fasilitas yang ada tiba-tiba harus menerima kenyataan harus tinggal di sebuah Kabupaten yang jauh dari 'gemerlapnya' kota.
Pernah dengar peribahasa "when life gives you lemon, make lemonade" nah itulah yg saya lakukan. Berdamai dengan diri, berdamai dengan lingkungan dan berusaha bahagia tanpa syarat.



Wednesday, 4 May 2016

Catatan Family Umroh Backpacker... Part 2

Alhamdulillah hari ini adalah saatnya kami menuju Jeddah dari Kuala Lumpur dengan menggunakan Saudi Airlines. Wowww backpacker ko pakai SA?  Bisa dong... Kebetulan kami mendapatkan tiket promo 7,8jt /orang dan untuk anak-anak hanya bayar 70% nya saja tidak full (asikkk kann?)

Setelah proses check in dan pemeriksaan bandara selesai. Kami harus menuju ruang tunggu,  saat saya menyerahkan paspor utk diperiksa ternyata boarding pass saya hilang dan Saya tidak boleh memasuki ruang tunggu padahal papap, Hanif dan Hasya sudab di dalam. Kebetulan saat itu Saya bersama Haura, akhirnya Haura bisa masuk dan Saya tertahan di luar. Lutut saya terasa lemas, keringat dingin mengingat 30menit saja pesawat sudah akan take off. Tapi alhamdulillah dengan bantuan Team Leader kami akhirnya boarding pass saya kembali di print dan saya bisa masuk ke dalam ruang tunggu.

Kali ini adalah ketiga kalinya 3H mengalami long haul flight, tantangan kali ini adalah Hasya yang sudah bisa jalan jadi saat di dalam pesawat beberapa kali Hasya maunya jalan menyusuri pesawat dan kadang beberapa penumpang gemas ingin menggendong Hasya.

Oiya beberapa kali saya dengar cerita kalau orang 'Arab' suka sekali dengan anak kecil, dan ternyata benar banget. Selain penumpang yang selalu gemas sambil mengucap "MasyaAllah" mengelus kepala Hasya, pramugari dan pilot sampai menggendong dan mencium Hasya. Sejujurnya saya tidak terlalu suka jika ada yang mencium Hasya, tapi kadang Hasya ini terlampau ramah dengan orang, anaknya murah senyum dan mauan :( #hadeuhhhhhhh



Hasya bermain di Bandara Jeddah saat menunggu bagasi 
Sampai Madina dini hari langsung shalat ke masjid Nabawi


Wednesday, 13 April 2016

Catatan Family Umroh Backpacker... part 1

Saya mengenal umroh backpacker dari Dinda, 2014 kami dan sahabat saya (Laela aka Uthet) berencana untuk pergi umroh bersama-sama. Tetapi ternyata Allah mempunyai rencana yang lebih indah untuksaya, saya hamil 😍😍😍😍

Waktu keberangkatan bentrok dengan jadwal lahiran saya, dan akhirnya kami urungkan niat untuk pergi umroh.

Dan rencana Allah ternyata lebih indah lagi, alhamdulillah setalah satu tahun sekarang kami berlima pergi dengan tour leader Uthet....

Apa sih umroh backpacker?  nah bisa baca-baca disini ya.

Tuesday, 1 March 2016

EURO TRIP - Dubai ... part 1

Alhamdulillah tanpa direncakanan akhirnya kami memutuskan untuk melakukan perjalanan Euro Trip bersama keluarga besar. Dengan petimbangan kami membawa anak-anak maka diputuskanlah memakan jasa tour & travel dan pilihan jatuh ke Dwidaya Tour & Travel. Kami yang terbiasa bepergian ala backpacker memang agak canggung karena semua harus sesuai schedule travel yang padat merayap. 

Kami pergi dari Bandung menuju Jakarta kebetulan saat itu H+1 Hari Raya Idul Fitri. Awalnya kami akan naik Primajasa tapi Yangkung dan Yangti memilih untuk mengantarkan kami ke Bandara Soekarno Hatta. 

Karena di bandara kami meggunakan handling makan tidak terlalu repot, dan alhamdulillah anak-anak have fun sepanjang perjalanan 8 jam di udara. Maskapai yang digunakan adalah Emirates, membaca beberapa review bahwa salah satu penerbangan dengan entertainment yang sangat baik. Karena penerbangan malam hari sebagian besar waktu di pesawat anak-anak tidur pulas dan sisanya asyik menonton tv dan bermain games. Jangan lupa jika menggunakan maskapai penerbangan EMirates dan membawa anak jangan lupa menyisakan space kosong atau membawa tas kosong karena souvenir untuk anak banyak sekali. 

Di Dubai kami transit selama 5 jam, ini perjuangan yang lumayan berat karena anak-anak tertidur semua, apalagi Haura karena sudah besar dipaksa untuk bangun. Ternyata di bandara sudah disiapkan stroller gratis untuk dipakai, tidak tanggung-tanggung merk stroller tersebut mc laren ...hahaha lumayaaan ngerasain stroller mahal :) 
Bandaranya sangat mewah , sampai-sampai jam dinding pun dari ROLEX ....

Selama transit kami mendapatkan voucher makan dengan pilihan beberapa tempat sehingga kami terpaksa makan dini hari karena penerbangan akan dilanjutkan selama 7 jam menuju Milan Italy. 





Wednesday, 17 February 2016

Berpetualang di Bandung

Bandung merupakan kota yang sangat bersejarah bagi saya pribadi, disana tempat saya dibesarkan hingga akhirnya bertemu dengan sang tambatan hati #ciyeee. Udaranya sejuk (dulu) tapi sekarang sudah mulai panas walaupun begitu masih panas Berau :)hahahahaha. Melihat kemajuan Bandung sekarang membuat saya selalu ingin pulkot (baca : pulang kota), gebrakan Bapak Ridwan Kamil alias Kang Emil memang keren banget, kadang saya kalau kangen cukup baca postingan beliau. Trus kata papap "halahh sok-sokan , kamu kan tinggal di Kabupaten " #ciyatttttttttttttttttttttt 

Kami sempat bertempattinggal sementara di Bandung selama 6 bulan dengan alasan yang cukup panjang kali lebar jika diceritakan. Singkat kata Haura dan Hanif dengan jiwa petualangannya tidak cukup hanya bermain di mall akhirnya saya mengajak mereka untuk bermain ke beberapa Taman yang cukup ngehitz di Bandung.

Taman Tongkeng 
Awalnya saya tidak tahu tentang taman tongkeng ini, kebetulan acara superkids eduventure di taman ini ternyata bagus dan seru juga plus ada taman bacanya loh. KEREN !!!


Taman Superhero
Dengan ditemani yangkung dan yangti akhirnya mereka bisa main di taman superhero ini. Di sekeliling taman berjajar gerobak jajanan khas Bandung. Selagi anak-anak bermain kita bisa nongkrong cantik sambil ngemil seblak :)hahahaha (begini pengen kurus)


 Jalan Asia Afrika


Halaman Masjid Agung Bandung






Floating Market
Kalau floating market ini agak jauh dari pusat kota Bandung karena berada di Lembang, untuk yang belum terbiasa udara dingin jangan lupa membawa jaket ya. Tempatnya seru banget dan HauHan suka, untuk makanan agak mahal ya tapi worted lah ya kalau tempatnya kece begini. Spot fotonya banyak , cocok yang doyan selfie sukaesih lahhh





Pasar Cisangkuy
Bandung macet banget kan ya, nah saya sekarang lebih suka ke pasar cisangkuy, makanan dan minumannya kumplit dari seluruh tempat makan di Bandung. Jadi gak perlu repot-repot ke berbagai tempat makan jika ingin mencoba makanan khas Bandung. See ? Kalap kann :)hahahahaha



Petualangan Seru Menyusuri Kalimantan Timur - East Borneo Adventure... part 3

Setelah bersenang-senang di Kutai Kartanegara (ceritanya disini) sore itu juga kami melanjutkan ke Balikpapan. Saat perjalanan kami mencari makanan khas disana tapi karena HauHan sudah kelaparan maka kami memutuskan untuk makan di tempat makan yang kami lewati saja. Sayang rasanya tidak sesuai dengan lidah kami, tapi HauHan tetap makan lahap :) hehehehe
Salah satu point penting berliburan dengan anak-anak adalah melatih mereka untuk cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar salah satunya adalah makanan. 

Perjalanan ke Balikpapan dari Tenggarong memakan waktu  kurang lebih 3 jam dengan jalan santai. Di Balikpapan kami menginap di Hotel Menara Bahtera walau bintang 4 kami mendapatkan harga promo Rp. 480.000,- /malam. Mengapa kami memilih hotel ini karena lokasinya yang sangat strategis selain harganya yang terjangkau untuk ukuran hotel bintang 4 yaa. Ke mall tinggal menyebrang, tempat makan yang ngehits di Balikpapan di sekitaran hotel hanya tinggal berjalan kaki. 


Petualangan Seru Menyusuri Kalimantan Timur - East Borneo Adventure... part 2

Setelah perjalanan darat Berau ke Samarinda selama 11 jam dan  beristirahat semalam di Samarinda, pagi harinya kami berencana untuk melanjutkan perjalanan ke Balikpapan. Karena semalaman googling tempat wisata di daerah Samarinda maka kami putuskan untuk ke Kutai Kartanegara sebelum ke Balikpapan. 

Kabupaten Kutai Kartanegara adalah salah satu kabupaten di Kalimantan Timur dengan ibu kota berada di kecamatan Tenggarong. Saat menginjakan kaki disana kesan pertama adalah rapi, bersih dan luas, saya suka sekali dengan jalanannya yang lebar dan rapi. Sepintas mirip dengan kota-kota kecil di negara Malaysia. 

Petualangan Seru Menyusuri Kalimantan Timur - East Borneo Adventure... part 1

Awalnya gara-gara mendengar cerita dari beberapa teman yang sudah melakukan perjalanan darat ke Samarinda dan Balikpapan. Konon jalanan Berau - Samarinda sudah layak untuk dilewati apalagi mengingat mobil kami yang pendek bukan type mobil tinggi dan offroad. Kebetulan di bulan Desember ada libur hari raya Natal akhirnya diputuskanlah kami untuk berliburan ke Samarinda dan Balikpapan memalui darat. 


Untuk mencapai Balikpapan dari Tanjung Redeb Berau harus melewati beberapa kota diantaranya Wahau - Sangatta - Bontang - Samarinda - Balikpapan. Dulu perjalanan dapat memakan waktu 24 jam bahkan berhari-hari karena jalanan masih berupa tanah dan jika da jalanan yang rusak dam amblas tidak sedikit kendaraan harus menginap beberapa hari. Alhamdulillah kondisi jalan saat ini sudah sangat membaik dengan aspal dan cor beton hanya ada beberapa titik yang agak parah lubang di jalanannya. 

Friday, 8 January 2016

Ayo ke Mekkah



Suatu hari percakapan ringan dengan seorang kawan sebut saja X  bbrp tahun yang lalu....